top of page

Serunya Timmy Training Bersama Wikimedia, Belajar Menulis dan Menyunting Wikipedia Bahasa Indonesia

30 May 24 | 20:14

Ferina Giovanca Hotnauli

undefined

Serunya Timmy Training Bersama Wikimedia, Belajar Menulis dan Menyunting Wikipedia Bahasa Indonesia

IDN Media kembali memfasilitasi para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media dalam pelatihan penulisan Wikipedia Bahasa Indonesia bersama Wikimedia Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan Timmy dengan fokus utama pada penyuntingan dalam mengembangkan artikel bertopik media massa di Wikipedia bahasa Indonesia. Selain itu, para Timmy juga diajarkan tentang struktur konten artikel media massa di Wikipedia Bahasa Indonesia.

 

1. Pengenalan Wikimedia dan Wikipedia Bahasa Indonesia

Proses pelatihan Timmy bersama Wikimedia Indonesia yang langsung diajarkan oleh WikiLatih, diawali dengan pengenalan ekosistem Wikimedia Indonesia. Ekosistem mereka mencakup berbagai unit, dengan salah satu contohnya adalah Wikipedia Bahasa Indonesia. Melalui pengenalan ini, diharapkan para Timmy dapat memahami berbagai komponen yang dapat mengeksplor untuk penulisan artikel media massa.

 

2. Praktik Penyuntingan Artikel Bertopik Media Massa di Wikipedia Bahasa Indonesia

Penyuntingan artikel bertopik media massa dijelaskan melalui studi kasus yang diberikan kepada setiap peserta pelatihan. Pelatihan ini berfokus pada penjelasan dan demonstrasi penyuntingan untuk mengembangkan artikel bertopik media massa di Wikipedia bahasa Indonesia bersama pelatih. Aktivitas penyuntingan ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan artikel bertopik media massa di Wikipedia bahasa Indonesia. 

“Sesi pelatihan ini membuka wawasan saya tentang bagaimana proses informasi yang biasa saya cari di Wikipedia. Pelatihan ini menambah wawasan saya, mulai dari penulisan yang tentang cara penyuntingan artikel Wikipedia dan berbahasa Indonesia. Terima kasih IDN Media atas kesempatan berharganya!" Ujar Ayu Utami, Tim Popbela.com 

 

3. IDN Media Berkomitmen Meningkatkan Kemampuan Penulisan Wikipedia Bahasa Indonesia

IDN Media terus berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan para Timmy melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan. Pelatihan ini akan membekali para Timmy dengan pengetahuan dan keterampilan dalam penulisan Wikipedia Bahasa Indonesia yang berkualitas. Bekerja sama dengan Wikimedia Indonesia, IDN Media menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti workshop untuk memberikan kesempatan bagi para Timmy sebagai pengguna Wikipedia untuk belajar lebih banyak tentang platform ini dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis artikel berkualitas.

bottom of page