top of page

IDN Media Luncurkan Indonesia Millennial & Gen-Z Report 2022, Ulas Tantangan dan Potensi Generasi Muda Indonesia

20 Oct 22 | 17:39

Felicia Yulianti

undefined

IDN Media Luncurkan Indonesia Millennial & Gen-Z Report 2022, Ulas Tantangan dan Potensi Generasi Muda Indonesia

Millennial dan Gen-Z merupakan kelompok demografi terbesar di Indonesia saat ini. Karena hidup di tengah kemajuan teknologi, kedua generasi ini memiliki karakteristik pemikiran dan perilaku yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Sementara itu, perbedaan pola pemikiran dan perilaku mereka terkadang masih belum dipahami banyak orang sehingga miskonsepsi dan misinformasi kerap terjadi saat mengambil keputusan yang berkaitan dengan Millennial dan Gen-Z. 


1.Hasil riset tahunan untuk mengeliminasi gap informasi

Untuk mengeliminasi gap informasi terkait Millennial dan Gen-Z, sejak tahun 2019 IDN Media melalui IDN Research Institute menyusun dan meluncurkan Indonesia Millennial Report. Tahun ini, IDN Media kembali melakukan riset serupa dengan juga mengikutsertakan Gen-Z ke dalam risetnya. Hasil riset ini kemudian dirangkum dalam  Indonesia Millennial & Gen-Z Report 2022. 

 

2.Resmi diluncurkan di Indonesia Millennial & Gen-Z Summit 2022 

Indonesia Millennial Report 2022 dan Indonesia Gen-Z Report 2022 resmi diluncurkan tanggal 29 September 2022 di acara pembukaan Indonesia Millennial & Gen-Z Summit 2022 yang berlangsung di The Tribrata, Jakarta. Dalam peluncuran Indonesia Millennial Report dan Indonesia Gen-Z Report 2022, COO IDN Media William Utomo memaparkan peran besar Millennial dan Gen-Z dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. 


“Millennial dan Gen-Z merupakan dua generasi yang berbeda, tetapi memiliki peran yang sama dari segi ekonomi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045. Tiap tahun, IDN Media membuat Indonesia Millennial Report dan di tahun ini, ada dua versi yang berbeda yaitu  Indonesia Millennial Report 2022 dan Indonesia Gen-Z Report 2022. Dibuatnya kedua hasil riset ini adalah usaha IDN Media untuk mendemokratisasi informasi. Dengan semakin banyaknya yang dapat mengakses report ini, semakin tinggi pengetahuan kita dan Indonesia diharapkan dapat semakin cepat menjadi negara berpendapatan tinggi dan negara maju,” ungkap William.


3.Hasil riset seputar Millennial dan Gen-Z di berbagai aspek kehidupan

Indonesia Millennial Report dan Indonesia Gen-Z Report 2022 memuat hasil riset seputar Millennial dan Gen-Z di berbagai aspek kehidupan, mulai dari preferensi menghabiskan liburan, pandangan mengenai pernikahan, pandangan politik, prioritas dalam hidup, kesetaraan gender, perilaku konsumsi, dan masih banyak lagi. Banyak temuan menarik di Indonesia Millennial Report dan Indonesia Gen-Z Report 2022, salah satunya yaitu 83% Gen-Z yang ternyata bercita-cita membahagiakan orang tua. Banyaknya hasil riset dari kedua buku laporan ini dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan Indonesia untuk memahami dan mengungkap perilaku, tantangan, dan peluang Millennial dan Gen Z Indonesia untuk sektor publik, sektor swasta, dan masyarakat sipil. 


Untuk mengunduh Indonesia Millennial Report 2022 dan Indonesia Gen-Z Report 2022 versi soft copy secara gratis serta pemesanan versi hard copy, dapat diakses melalui https://www.imgs.idntimes.com/. 

bottom of page